Penyebab Kanker Payudara - Waras Info


Penyebab Kanker Payudara - Waras Info

Waras Info: Sebelumnya sudah dibahas jenis dan pantangan dari kanker payudara sekarang pembahasan penyebab kanker payudara.

Penyebab kanker payudara

  • Usia
Sekitar 60% kanker payudara terjadi pada usia diatas 60 tahun. Resiko terbesar ditemukan pada wanita berusaha diatas 75 tahun.
  • Pernah menderita kanker payudara
Wanita yang pernah menderita kanker payudara in situ atau kanker payudara invasif memiliki resiko tertinggi untuk menderita kanker payudara.
  • Riwayat keluarga yang menderita kanker payudara
Wanita yang ibu, saudara perempuan, atau anaknya menderita kanker, memiliki resiko 3 kali lebih besar untuk menderita kanker payudara.
  • Faktor genetik dan hormonal
Telah ditemukan 2 varian gen yang tampaknya berperan dalam terjadinya kanker payudara, yaitu BRCA1 dan BRCA2. Jika seorang memiliki salah satu gen tersebut, maka kemungkinan menderita kanker payudara sangat besar. 

Faktor hormonal juga penting karena hormon memicu pertumbuhan sel, kadar hormon yang tinggi selama masa reproduktif wanita, terutama jika tidak diselingi oleh perubahan hormonal karena kehamilan, tampaknya meningkatkan peluang tumbuhnya sel-sel yang secara genetik telah mengalami kerusakan dan menyebabkan kanker.
  • Pernah menderita penyakit payudara non-kanker
Resiko menderita kanker payudara agak lebih tinggi pada wanita yang pernah menderita penyakit payudara non kanker yang menyebabkan bertambahnya jumlah saluran air susu dan terjadinya kelainan struktur jaringan payudara.
  • Menarke (menstruasi pertama) sebelum usia 12 tahun, menopause setelah usia 55 tahun, kehamilan pertama setelah usia 30 tahun atau belum pernah hamil.
Semakin dini menarke, semakin tinggi resiko menderita kanker payudara. ResikoResiko menderita kanker payudara adalah 2-4 kali lebih besar pada wanita yang mengalami menarke sebelum usia 12 tahun. Demikian pula halnya dengan menopause ataupun kehamilan pertama. Semakin lambat menopause dan kehamilan pertama, semakin besar resiko menderita kanker payudara.
  • Pemakaian pil KB atau terapi sulih estrogen
Pil KB bisa sedikit meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara, yang tergantung pada usia, lama pemakaian dan faktor lainnya. Belum diketahui berapa lama efek pil KB akan tetap ada setelah pemakain pil KB dihentikan. Terapi sulih estrogen yang dijalani selama lebih dari 5 tahun tampaknya juga sedikit meningkatkan resiko  kanker payudara dan resikonya meningkat jika pemakaiannya lebih lama.
  • Obesitas pasca menopause
Obesitas sebagai faktor resiko kanker payudara masih diperdebatkan. Beberapa penelitian menyebutkan obesitas sebagai faktor resiko kanker payudara kemungkinan karena tingginya kadar estrogen pada wanita yang obesitas.
  • Pemakaian alkohol
Pemakaian alkohol lebih dari 1-2 gelas/ hari dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara.
  • Bahan kimia
Beberapa penelitian telah menyebutkan pemaparan bahan kimia yang menyerupai estrogen (yang terdapat pada pestisida dan produk industri lainnya) mungkin meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara.
  • DES (dietilstilbestrol)
Wanita yang mengkonsumsi DES untuk mencegah keguguran memiliki resiko tinggi menderita kanker payudara.
  • Penyinaran
Pemaparan terhadap penyinaran (terutama penyinaran pada dada), pada masa kanak-kanak bisa meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara.
  • Faktor resiko lainnya.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kanker rahim, ovarium dan kanker usus besar serta adanya riwayat kanker dalam keluarga bisa meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel